1 Jun 2021

My Favorit Food pt. 2

Kalian tau ga sih sama yang namanya seblak? Iya, makanan yang sempet hits banget itu bahkan sampai sekarang ya. Makanan khas bandung yang punya cita rasa pedas dengan toping kerupuk, makaroni, telur, sayuran, dan berbagai toping lainnya. 


Nah, kali ini aku mau cerita tentang hobi makan aku hehe. Kali ini kita bahas tentang seblak. Salah satu makanan favorit aku juga nih. Apalagi kalau udah masuk musim hujan. Udah mantep banget rasanya, hujan-hujan sambil mendengarkan lagu sendu. Ditambah makan Seblak yang hangat. Itu sih moment paling enak hahaha. Aku suka banget nyobain jajan seblak di abang-abang pinggir jalan itu loh. Tapi, menurut aku yang paling enak itu masih yang kaka sepupu aku jual (ini bukan marketing, tapi beneran hahaha) kenapa? Karena harganya murah, cuma 5 ribu *iya beneran cuma 5 ribu. Terus dapetnya semangkok penuh, dan rasanya enak banget (kayanya ini konsepnya jualan sambil sedekah ga si? Hahaha). Karena aku juga suka masak jajanan yang aku suka. Kali ini aku mau share resep seblak yang biasa aku buat (kalo kata temen-temen aku sih enak, semoga bener ya 😄)

Langsung aja deh cus, resep ala Icip-Icip jilid 2


SEBLAK ala Icip-Icip

Bahan:

• Kerupuk (bebas terserah kalian suka nya kerupuk apa, kalo aku biasanya pakai kerupuk udang atau kerupuk bawang yang warna-warni)

• Makaroni

• Sosis, baso, atau apapun terserah kalian

• Sawi

(Untuk topping bebas, terserah kalian mau pakai apa aja)

• Cabai merah 3 buah

• Cabai rawit 5 buah (tergantung selera, kalau ga suka pedes bisa dikurangin, atau yang suka pedes bisa ditambah)

• Kencur sesuai selera (aku biasanya pakai sekitar 1 ruas jari)

• Bawang putih 1 siung

• Bawang merah 2 siung

• Garam

• Gula pasir

• Penyedap rasa

Langkah membuat:

• Haluskan semua bumbu (cabai, kencur, bawang putih, bawang merah)

• Masak bumbu hingga harum, lalu tambahkan air secukupnya tunggu hingga mendidih.

• Masukan kerupuk dan semua topping yang ingin digunakan.

• Tambahkan garam, gula pasir, penyedap rasa sesuai selera.

• Masak hingga matang. Dan seblak siap disajikan.

Nah, itu sedikit resep andalan aku, kalau kalian mau coba boleh banget. Kalau masih bingung boleh chat aku buat tanya-tanya yaa. Selamat mencoba semoga suka~~

*oiya maaf ya aku ga punya fotonya, nanti kalo aku pas lagi buat lagi aku share.

Boleh banget kalian komentar, ceritain makanan favorit kamu. Siapa tau nanti bisa kita sharing dan kulik resepnya.

Terima kasih~~~


My Favorit Food

Haiii, balik lagi sama aku Aini. 


Kali ini aku mau bahas plus bagi resep makanan yang suka banget aku buat. Kalian tau pempek ga sih? Iya makanan khas Palembang. Salah satu makanan favorit aku. Tapi, ini beda dari biasanya. Kenapa beda? Karena ini pempeknnya pake nasi. Iya pempek nasi. Oiya, selain itu ini lebih terjangkau banget harga nya, karena ikan yang digunakan itu pakai ikan teri atau tongkol. Jadi, aku, kakak ku dan mama biasanya suka buat ini. Temen-temen SMP SMA aku pasti tau karena aku sering banget bawa ke sekolah. Penasaran ga sih? 

Nah, langsung aja nih aku share resepnya buat kalian.

PEMPEK NASI ala Icip-Icip

Bahan pempek:

Nasi +- 1 piring

Terigu 4 sdm

Sagu ½ kg

Ikan tongkol 12 potong ukuran sedang

Penyedap rasa 

Bawang putih 3 siung besar

Garam

Sedikit lada bubuk

Telur 3 butir

Bahan Kuah:

Asam jawa 

Cabai merah/rawit (opsional) 

Gula merah 3 butir

Gula pasir (3 sdm) l

Ebi (2 bungkus kecil) 

Bawang putih 3 siung

Garam

Penyedap rasa

Langkah membuat:

Haluskan nasi, ikan, dan semua bumbu. 

Diaduk sampai rata, kemudian masukan telur. 

Setelah adonan rata dan jadi, mulai di bentuk sesuai selera. 

Kemudian, di rebus. Air rebusan diberi sedikit minyak goreng supaya tidak lengket antar adonan. 

Dimasak hingga mengapung dan matang. Angkat lalu tiriskan. 

Setelah itu, dinginkan pempek yang sudah direbus. Sambil menunggu dingin, kita buat kuahnya. 

Haluskan bawang putih, cabai, ebi, asam jawa. Kemudian rebus dengan air +- 2 gelas belimbing. Masukan gula merah, gula pasir, penyedap, dan bumbu lainnya. Tunggu hingga mendidih dan siap digunakan. 

Goreng pempek yang sudah di rebus tadi hingga kecoklatan. 

Pempek siap disajikan dengan kuah pedas asam manis. 


Nah, gimana? Gampang kan. Selamat mencoba kaliannn, semoga suka~~




Cerita bersama Teman

 Halloo semua!!! Apa kabar? Semoga selalu baik ya 

Nah, kali ini aku mau share cerita pengalaman pertama aku ketemu sama temen kuliah. Penasaran gasi? Wkwkwk dibaca ya sampai akhir. Kalian di sini yang lulusan “angkatan corona” Pasti merasakan hal yang sama kaya aku. Udah lama sekelas tapi belum pernah ketemu langsung sama temen kelas. Kenal via nama, sama foto, paling mentok liat video di zoom. Sampai suatu waktu ada tugas salah satu mata kuliah yaitu buat podcast. Di mana kita harus ketemu langsung, sebenernya ga harus sih tapi lumayan ribet ya kalo via telfon. Kebetulan juga rumah kita yang masih memungkinkan untuk bertemu. Akhirnya, kita janjian deh buat ketemu. Aku mau kenalin dulu nih, dua teman aku yang keren. Ada Alfi (sebelah kiri) dan Renny (sebelah kanan)



Jadi, kita ketemu itu mau buat tugas podcast kan. Nah, karena rumah kita lumayan jauh akhirnya janjian deh mau ngerjain di Monas. Aku sama Renny janjian di Stasiun Juanda, udah jalan kan lumayan jauh eh pas sampai pintu masuknya tutup. Terus, kita belum ketemu Alfi, karena ternyata Alfi nunggu di beda pintu masuk. Terus akhirnya kita jalan lagi buat ketemu sama Alfi. Kita janjian di halte gambir 2 (kalo ga salah) akhirnya kita memutuskan untuk ke Kota Tua, Jakarta. Pas sampai sana, kita bingung banget karena banyak petugas gitu kan, terus sekarang tuh (selama pandemi kayanya) itu ga boleh berkerumun di tengah yang lapangan depan museum fatahillah itu. Jadi kita masuk ke museum keramik deh, langsung cari tempat outdoor yang sepi hahahaha. Karena kita cuma mau numpang rekaman podcast doang. Pas udah selesai rekaman, kita langsung ke luar dari museum keramik (tanpa keliling museum dulu). Kita makan dulu dipinggiran jalan gitu. Terus si Renny melakukan hal ‘ajaib' di tukang bakso *tapi maaf gabisa di spill wkwkwkwkwk. Abis makan, kita ga mau pulang dong karena baru bentar banget kan ketemuannya. Akhirnya, kita masuk lagi ke Kotu. Karena kita bingung, cape juga kan mau duduk. Tapi ga boleh duduk di pinggiran museum gitu kan, akhirnya kita masuk ke museum fatahillah. Ternyata harus beli kartunya kan, 35 ribu. Yaudah kita beli lah karena kita mau numpang duduk. Wkwkwkwkwk iya kita cuma numpang duduk di dalam museum. Keliling bentar doang sisanya duduk sambil foto, karena emang kita cuma nyari tempat duduk. Sampai sore, terus kita akhirnya pulang deh. Seru banget hari itu, pertama kalinya aku ketemu sama temen kelas yang udah 1 semester nemenin aku. Keren banget kalian berdua udah mau ngajak aku jadi tim podcast jadinya aku bisa ke Monas walaupun sampai depan gerbang nya doang  iya aku gapernah ke Monas *sedih ya... Tapi gapapa nanti kita main lagi ya gesss.

Terima kasih buat kalian yang udah mau baca cerita ini. Oiya jangan lupa yaa dengerin juga podcast kita di Podcastraa - on spotify

Terima kasih semua~~~


4 Apr 2021

Digital Marketing Sangat Penting di Era Teknologi Digital

Sumber: Dedi Purwana Channel – Digital Marketing part #1


Apa itu digital marketing? Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital atau internet yang dapat mencakup banyak sasaran pasar di seluruh dunia. Tujuan dari digital marketing ini juga sebagai upaya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan memiliki jangkauan yang luas. 

Kebutuhan mengenai digital marketing sangat penting dalam menjalankan suatu usaha karena kemajuan teknologi dan informasi yang ada pada saat ini sudah mulai menguasai dunia. Hal tersebut sejatinya dapat menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menjalankan strategi pemasaran secara digital. Terutama dengan adanya masa pandemi covid-19 ini. Dimana para pelaku usaha akan merasa betapa pentingnya dunia digital ini dalam menjalankan usahanya. 

“The Internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future.” – Jean Claude Juncker.

Dilihat dari kutipan Jean, kita semua dapat mengerti bagaimana peran internet dan dunia digital teknologi sudah sangat menguasai dunia. Selain itu, hal tersebut juga mengubah pola masyarakat atau konsumen. Hal tersebut tentunya menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha. Dimana mereka harus siap dan bisa menyediakan sesuatu yang selaras dengan perilaku konsumen saat ini. Digital marketing merupakan jawaban atas peluang tersebut. Dengan adanya pemasaran secara digital ini diharapkan para pelaku usaha tetap dapat bertahan untuk menguasai pasar. Selain itu, dalam kutipan Jane tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa ketika kit ingin menguasai masasepan atau yang akan datang maka kita harus melek dan menguasai teknologi digital ini. Didukung juga dengan teori Darwin yang menytakan bahwa manusia yang berhasil bukanlah yang paling kuat, bukan yang paling besar, tetapi orang-orang yang paling dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada. 

Mengapa digital marketing dapat dikatakan begitu penting dalam menjalankan suatu usaha? Karena bisa kita lihat dari beberapa sumber data yang dikeluarkan oleh Hootsuite, pada tahun 2019 dan 2020 dapat terihat penggunaan smarthphone di Indonesia sudah sangat tinggi. Sebagian besar pengguna smartphone adalah aktif dalam bersosial media. Terutama dalam jangka setahun itu, menunjukan tingginya peningkatan terhadap penggunaan internet dan sosial media. Bahkan peningkatan ini lebih cepat daripada peningkatan populasi itu sendiri. Hal tersebut dapat dilihat sebagai hal yang positif bagi para pelaku usaha. Dimana pada era digital ini muncul salah satu pola baru dimana para pelaku konsumen yang sudah dalam dunia digital, membuat para pelaku usaha harus siap mengenai strategi-strategi dalam pemasaran atau pengenalan produk melalui media digital ini. Media konvensional sudah tidak lagi dilirik oleh para pelaku konsumen, dimana hal tersebut membutuhkan pengeluaran yang lebih namun memiliki nilai ketertarikan yang rendah. Dengan menggunakan iklan dalam media sosial, selain mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran, namun jangkauan konsumen pun luas. Karena saat ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan membuka media sosial. Ini merupakan peluang yang sangat besar bahkan dalam jangkauan internasional. Maka para pelaku usaha harus dapat aktif dalam media sosial terutama dalam menjalankan pemasaran usahanya.


Baca juga : Dunia Kampus - Pentingnya Teknologi Digital dan Informasi dalam Bisnis


Mengapa wirausaha muda perlu memandang penting digital marketing dalam merancang strategi usaha? Dalam menjalankan usaha tentunya strategi merupakan hal yang terpenting. Kita harus memahami bagaimana menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk usaha yang dijalankan agar tepat sasaran pasar yang dituju. Hal tersebut akan memudahkan usaha yang dijalankan dapat tumbuh dan berkembang serta dapat bersaing dalam pasar. Dalam menyusun strategi pemasaran kali ini dapat menggunakan SOSTAC Marketing Diagram.

SOSTAC Marketing Diagram adalah salah satu cara untuk menyusun strategi dalam menjalankan usaha. Seperti analisis situasi, objectives atau apa yang akan kita lakukan/tujuan, sstrategi, taktik usaha, aksi dalam menjalankan, dan kontrol usaha. 

1. Situation Analysis (Analisis situasi)

Dalam menjalankan usaha terutama dalam menggunakan digital marketing kita harus menganalisis situasi yang terjadi pada target pasar, mengumpulkan data dari berbagai sumber yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Sehingga para pelaku usaha dapat mengetahui dan memahami kondisi pasarnya tersebut. Dengan memahami target pasar dan branding product tentunya akan dengan mudah menjalankan usaha tersebut.


2. Objectives (Tujuan)

Pada tahap ini, terdapat 5S yang dikenal dalam digital marketing.

Sell: para pelaku usaha harus mencatat dan memahami posisi tingkat penjualan seperti apa.

Serve: bagaimana value yang diberikan terhadap konsumen.

Save: seberapa efisien dalam biaya (cost) usaha.

Speak: bagaimana para pelaku usaha dapat membangun hubungan dan menyampaikan informasi produk kepada konsumen.

Sizzle: bagaimana para pelaku usaha dalam menjalankan usaha dengan memperpanjang layanan terhadap produk dan konsumen usaha.

Dalam objectives, 5S ini akan dibuat inovasi maupun menjalankan improve seperti apa yang nantinya akan diterapkan dalam menjalankan usaha tersebut. 


3. Strategy (Strategi)

Menyusun strategi usaha mulai dari segmentasi pasar, target pasar dalam usaha, dan positioning usaha yang seperti apa. Selain itu, meyusun OVP harus jelas dalam usaha. Menyusun bagaimana cara pelaku usaha untuk meningkatkan kredibilitas usaha melalui media digital. Selain itu, para pelaku usaha juga harus siap untuk wadah usaha seperti website, e-mail, atau yang lain untuk menjalankan digital marketing dalam usaha. 


4. Tactics (Taktik)

Dalam tahap ini merupakan penjabaran detail terhadap hal yang telah disusun. E-marketing mix apa saja yang akan dijalankan, menyiapkan media paltform apa saja yang akan digunakan. Detail tentang bagaimana dalam strategi dan upaya dalam menjalankan relasi. 


5. Actions (Aksi)

Mulai menjalankan terhadap taktik dan strategi yang telah direncanakan. Seperti melakukan pengiklanan atau promosi melalui media sosial, menggunakan strategi hastag, maupun hal lain dalam menjalankan promosi usaha.


6. Control (Kontrol)

Tahapan ini merupakan tahapan terakhir yang dilakukan. Dimana para pelaku usaha menjalankan monitor terhadap actions yang telah dilakukan. Melihat apakah tujuan nya sudah tercapai atau belum dan melakukan tahap evaluasi terhadap apa yang sudah berjalan untuk memaksimalkan tujuan yang ingin dicapai.


Berikut merupakan tahapan strategi yang dapat dilakukan untuk menjalankan pemasaran digital dalam usaha. Dimana pada era digital ini tentunya strategi pemasaran dengan cara digital melalui sosial media akan sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha dan akan memudahkan para pelaku konsumen. Dengan model SOSTAC Marketing Diagram juga akan sangat membantu dalam menyusun rencana usaha. Dimana telah memberikan para pelaku usaha batasan-batasan dalam setiap tahapannya dan itu akan sangat memudahkan dalam membantu usaha untuk terus berkembang dan dapat tetap bersaing dalam pasar dan memonitor berbagai taktik dan strategi yang direncanakan apakah berjalan dengan baik dan dapat dilanjutkan dan melakukan berbagai inovasi dan improve atau harus mencari cara lain untuk dapat menjalankan usaha tersebut. 

19 Mar 2021

Kewirausahaan Digital

Sumber: #wirausahadigitalkeren1 #wirausahadigitalkeren2


Apasih kewirausahaan digital itu? Kewirausahaan digital yaitu menjalankan suatu bisnis atau usaha dengan mengikuti berbagai perkembangan pada era digital ini. Artinya, segala bentuk usaha dan proses serta pelaksanaannya memanfaatkan teknologi digital. Dengan adanya perkembangan teknologi industri 4.0 yang semakin mendukung adanya bisnis digital ini. Melakukan atau menjalankan bisnis tanpa teknologi akan menyulitkan, sehingga dalam berbisnis sangat diperlukan adanya teknologi informasi yang canggih. Kita harus mampu melihat apa yang akan terjadi di masa depan nanti untuk mempertimbangkan peluang bisnis digital di masa yang akan datang. 


Pabrik modern dilengkapi sensor yang dipasang di lini produksi dan mengirim status operasi secara online ke bagian pengendali. “Big Data” akan digunakan untuk meningkkatkan efisiensi, hasil, kualitas, kondisi alat untuk pemeliharaan. Pekerjaan berbahaya, berat atau berulang dilaksanakan secara otomatis. Jika dalam usaha tambang, perusahaan menggunakan sistem informasi digital sangat memudahkan dalam mencari lokasi maupun pengecekan alat. Digitalisasi akan meningkatkan produktivitas tambang secara signifikan. Perencanaan tambang dilakukan dengan software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan peralatan. Kendaraan besar di lokasi seperti eksavator dan truk angkut misalnya, akan menjadi tanpa pengemudi, sebagai gantinya dilengkapi dengan sensor untuk mengumpulkan data medan serta melakukan diagnostik mandiri untuk pemeliharaan prediktif. Drone akan memantau data lingkungan untuk mengoptimalkan operasi sehari-hari. Begitu pula dalam berbagai bidang lain terdapat banyak sekali peluang bisnis digital yang besar di Indonesia. Begitu banyak peluang bisnis digital yang ada, membuat kita harus mulai bergerak berpikir selangkah lebih maju dalam memanfaatkan teknologi informasi digital yang ada di masa sekarang.


Tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia. Sebelum melihat prospek bisnis digital ke depannya, kita harus melihat keadaan di Indonesia saat ini apakah kondisi sekarang sudah memasuki era digital atau belum? Menurut data yang ada penggunaan digital sudah sangat besar, bahkan banyak perangkat lunak yang dapat memudahkan menjalankan sistem perusahaan dengan sangat simpel. Perusahaan menggunakan sensor untuk memonitori segala aktivitas dalam pengiriman untuk memastikan bahwa pengiriman berjalan dengan baik dan meminimalisir kecilnya kesalahan dalam proses distribusi. Peluang yang besar di Indonesia salah satunya adalah harga internet yang ada di Indonesia adalah murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain, tetapi dengan kualitas yang masih buruk. Hal itu juga dilihat dari keluasan wilayah Indonesia. Penggunaan media sosial termasuk tertinggi di dunia, Jakarta dianggap ibu kota Twitter dunia, pada tahun 2016, pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 miliar, dan 78% pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online, sekitar 75% pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler. Dapat dilihat dari data tersebut, target sasaran pasar dalam online sangat besar. Hal ini harus menjadi pertimbangan perusahaan untuk bernaung dalam bisnis digital. 


Ada beberapa strategi dalam berbisnis. Pertama Keunggulan Kompetitif, diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan contohnya jasa potong daging untuk kebutuhan khusus pelanggan, next day service. Kedua, Omnichannel untuk menghubungkan dunia offline ke online contohnya setiap outlet didorong masuk ke dalam e-commerce dengan standar operasi tertentu. Ketiga, Big Data, menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data warehouse untuk pengambil keputusan. Keempat, Cybersecurity, melindungi informasi bisnis perusahaan (Sophos Central). Kelima, Kapabilitas Digital, untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital. 


Skill atau kompetensi yang dibutuhkan untuk bisa mengambil peluang wirausaha digital di era saat ini. Wirausaha selalu identik dengan target finansial. Target finansial seperti bagaimana caranya mencari pelanggan baru, setelah mendapatkan pelanggan baru kita harus mencari cara agar para pelanggan dapat loyal pada kita. Di samping itu, kita juga harus memikirkan bagimana kita meminimalisir biaya yang digunakan dalam suatu usaha dan memastikan bahwa set yang dimiliki produktif. Untuk mencapai target finansial yang kita ingin capai, maka kita harus memastikan kepuasan pelanggan dengan apa yang kita jual. Seperti dari segi harga, kualitas, fungsi, pelayanan, ketersediaan produk atau jasa, banyak pilihan yang ditawarkan, mitra usaha, dan citra perusahaan. Dari komponen yang telah disebutkan harus ditentukan dengan segmen pasar usaha kita. 


Baca juga: Teknologi Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi


Manajemen pemasaran yang baik merupakan poin penting. Mulai dari segi produksi, distribusi, hingga ke pemasaran. Dalam menjalankan usaha kita harus memikirkan inovasi ke depannya. Dengan adanya inovasi dalam berusaha akan sangat meminimalisir produk yang tersisa atau terbuang dengan kata lain kita dapat menjualnya sehingga mendapatkan keuntungan. Dalam berusaha kita juga harus memikirkan regulasi dan sosial untuk menjalankan usaha. Kondisi lingkungan tempat membangun usaha, keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja. Perusahaan harus dapat menjamin tentang kondisi lingkungan yang ada, memperhatikan pembuangan limbah hasil kerja, dan harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan para pekerja agar proses produksi dapat berjalan dengan baik. Untuk menjalankan operasional usaha yang baik kita harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, seperti pemahaman tentang usaha yang dijalankan, skill dalam bekerja. Dalam sebuah perusahaan harus memiliki organisasi yang baik, baik para pemegang saham, pekerja, dan semua yang terlibat dalam usaha. Teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha, karena kita harus memantau berbagai perkembangan pasar agar usaha kita tidak ketinggalan. Karena pada saat ini perkembangan pasar terjadi sangat cepat, apalagi dalam bidang makanan atau kuliner banyak sekali saingan yang ada di pasaran.


Teknologi informasi bukan merupakan hal yang sulit untuk digunakan dalam usaha. Semua orang mampu mengoprasikan teknologi asal mau belajar. Kita harus mau belajar dan berkembang untuk menjalankan usaha yang baik. Kompetensi yang diperlukan antara lain kounikasi, komunikasi adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Wirausahawan harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun profesional adalah kunci sukses wirausaha. Kedua finansial, memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam berusaha, mengendalikan arus kas sangat penting, baik bagi solopreneur, freelancer, ataupun bisnis besar. Ketiga merk, setiap wirausaha harus memiliki merk atau brand dan setiap wirausaha adalah merk. Cara bicara, cara menanggapi e-mail, cara memperkenalkan diri, cara menulis adalah merk “citra” kita sebagai wirausaha. Banyak perusahaan terkenal dan berpengaruh di dunia, seperti Apple, Facebook, dan Tesla. Mereka tidak hanya terkenal dan berpengaruh tetapi juga memiliki merk yang kuat yang dipengaruhi oleh para pendirinya. Keempat marketing, seorang wirausahawan memiliki produk yang terbaik di dunia, tetapi jika tidak ada yang tahu, produk tidak akan berharga. Pahami secara mendalam berbagai disiplin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran medsos, pay per click, pemasaran konten dan pemasaran via e-mail. Kelima networking, semakin luas jaringan relasi dengan banyak pihak yang dibangun, akan semakin memperkuat pondasi bisnis yang dijalankan. Keenam automation, melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian. Ketujuh design, beda produk bagus dan produk hebat adalah design. Banyak wirausaha yang mengabaikan desain produk dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar. Desain bukan hanya tampilan, tetapi memiliki fungsi penting. Kedelapan analytics, yaitu belajar menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan data yang ada. Kesembilan technical, yaitu pemrograman memang suatu keterampilan penting dunia digital. Namun, tidak semua harus bisa itu, pemahaman sederhana tentang alogaritma dan cara berpikir struktur akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks. Kesepuluh learning, online learning adalah salah satu keterampilan yang penting di dunia digital yang akan membantu untuk meningkatkan kerja bisnis. Online learning sangat penting sekali, belajar sendiri merupakan cara mengasah dan belajar secara mendetail. 


Kunjungi Sobat Kampus untuk info menarik lainnya.


Beberapa kompetensi yang dijelaskan di atas merupakan kompetensi dasar dan penting yang sangat dibutuhkan dalam berusaha. Kita harus mulai belajar memahami tentang berbagai macam kompetensi usaha yang ada dan menjadi peluang untuk membangun usaha di era digital ini.

13 Mar 2021

Save UMKM, Mahasiswa Peduli UMKM


Full video, check on my yotube channel ✨❤
👇

Selamat Datang~~

Halo, sobat icip-icip 👋

Selamat datang di blog aku, makasih ya udah mau join bareng disini. Nah, di blog ini aku akan membahas berbagai macam hal, info, dan share tentang tugas aku juga ya. Kenapa sih, nama nya kok “Bersama Icip Icip~” karena aku akan banyak bahas tentang makanan (karena aku hobi makan hehehe) dannnn ga cuma bahas tentang makanannya aja tapi nanti akan aku kasih resep makanan yang biasa aku dan mama ku buat (karena yang jago masak pasti mama ya hihihi). 

So, jangan lupa di follow ya biar kalian semua ga ketinggalan sama update-an ini, doain juga aku rajin update ya. Terima kasih semuaa, sampai bertemu di next cerita (ditunggu ya).


Salam sayang,

Penulis ✨


My Favorit Food pt. 2

Kalian tau ga sih sama yang namanya seblak? Iya, makanan yang sempet hits banget itu bahkan sampai sekarang ya. Makanan khas bandung yang pu...